JAKARTA: Direktorat Jenderal Pajak mengakui minimnya jumlah pemeriksa pajak (fiskus) telah menyebabkan setoran pajak yang dihasilkan selama ini kurang maksimal.

Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution mengatakan sudah melakukan berbagai macam cara untuk menutup kekurangan tersebut, tetapi masih saja belum dapat mencukupi jumlah idealnya.

“Kita sudah menawarkan pada aparat kita yang akuntan untuk jadi pemeriksa tetapi masih kurang, kita angkat secara jabatan sepanjang dia memang akuntan tapi masih kurang juga,” katanya, akhir pekan lalu.


Dia menuturkan di negara-negara lain paling tidak rasio fiskus adalah rata-rata 30%-35% dari keseluruhan jumlah pegawai pajak yang dimiliki. “Kita [saat ini] masih di bawah 10%,” tuturnya.

Dari sekitar 32.000 pegawai Ditjen Pajak, ujar Darmin, jumlah pemeriksa pajak hanya sekitar 3000 petugas. Sementara itu, jumlah wajib pajak (WP) saat ini sudah mencapai 12,7 juta.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya mengatakan untuk menggenjot tax ratio serta meningkatkan potensi penerimaan pajak dan kepatuhan WP, jumlah aparat pajak terutama pemeriksa pajak harus dinaikkan dua kali lipat sesuai dengan jumlah penduduk Indonesia.

Kekurangan jumlah fiskus tersebut, jelas Darmin, baru dirasakan mulai 2-3 tahun terakhir, yakni setelah Ditjen Pajak melaksanakan reformasi perpajakan.

“Sebelum reformasi pajak yang bukan pemeriksa boleh memeriksa sehingga tidak merasa kurang. Begitu dibuatkan aturan jelas hanya pemeriksa yang boleh memeriksa, langsung berkurang banyak,” jelasnya.

Direktur Intelijen dan Penyelidikan Pajak Ditjen Pajak Mochamad Tjiptardjo mengatakan idealnya dalam 1 tahun untuk satu fiskus menangani delapan WP orang pribadi, sedangkan untuk WP badan menangani enam WP.

Pengamat pajak dari Universitas Pelita Harapan Ronny Bako menilai seharusnya pegawai fungsional Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan bisa digunakan sebagai pemeriksa pajak di daerah.

Menurutnya, pada dasarnya auditor BPKP juga mengetahui tentang pemeriksaan pajak.

Bisnis Indonesia, 30 Maret 2009