Hari Sabtu tanggal 7 Februari 2009 jam 16.39, sedang asyik-asyiknya nyetir di jalan tol, tiba-tiba HP berbunyi, kalo dari bunyinya sih tanda SMS masuk. Karena pas lagi nyetir jadi cuma baca pengirimnya aja, Agung Wijayanto (adik kelas).

Pas  sudah agak longgar, aku coba baca SMS, bunyinya sbb: “Inovasi kami tu’ Negeri Tercinta Menu Aplikasi Hitung Pajak & Info Pajak di HP, ketik PAJAK HITUNG atau PAJAK INFO kirim ke 9168 (all operator)”

Karena masih di jalan, jadinya cuma dibaca aja.

Besoknya tanggal 8 Februari 2009, aku coba kirim SMS dengan mengetik PAJAK HITUNG dan kirim ke 9168. Aku ngirimnya pake nomor Telkomsel.  Teryata sampe tanggal 9 Februari 2009, belum ada balasan. Langsung aku sms ke Agung, kenapa kok belum ada balasan. Ternyata layanan menggunakan Telkomsel beberapa hari ini trouble, disarankan pake Indosat.

Langsung aja aku nyoba pake Indosat (Matrix), aku ketik PAJAK INFO kirim ke 9168, ternyata langsung ada jawaban “Utk Almt & Kode KPP ktk: PAJAK  KANTOR NAMA UNITKERJA. Dimn Sehrsnya Trdftr Ktk: PAJAK DOMISILI NAMA KEL NAMA KEC. Utk Tarif Pajak Ktk: PAJAK TARIFKU.” Untuk perintah-perintah tersebut aku belum nyoba sih….

Tapi aku langsung nyoba ketik PAJAK HITUNG, dan mendapatkan balasan : “Terima kasih, pastikan GPRS anda aktif, lanjutkan dengan ktk: DLT SK010001 (utk ISAT) dan DL SK01001 (operator lain), krm k 9168.”

Karena nomor ku Indosat maka aku ketik DLT SK010001 kirim ke 9168, trus ada balasan alamat web untuk mendownload. Langsung aku buka alamat itu di HP ku (jangan lupa aktifkan GPRS nya). Kemudian terdownload lah file yang bernama “Mobile Tax Counter”.

Dalam aplikasi tersebut kita dapat:

  1. Mengetahui besarnya Norma khusus 10 Ibu kota propinsi (Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Manado, Makassar, dan Pontianak).
  2. Daftar PTKP Tahun 2008 dan 2009.
  3. Daftar Tarif Tahun 2008 dan 2009
  4. Menghitung Pajak

Program Mobile Tax Counter ini merupakan program untuk menghitung pajak penghasilan orang pribadi tahun 2008 dan 2009, dibuat dan dikembangkan oleh KangTanto dan AA’ gung.

Mengenai biaya, katanya sih yang Pajak Info sebesar Rp.1.000, sedangkan untuk Download program sebesar Rp.10.000,-.  Insya Alloh tidak mahal, karena berdasarkan penggagas program ini, proyek ini juga untuk proyek akherat, yaitu untuk membangun rumah pintar, rumah pendidikan untuk Anak Terlantar kerjasama dengan LMI.

Ayo….nggak ada salahnya deh dicoba, Dunia dapet, akherat pun dapet….he…he…..