Setiap merk Mobil memiliki sejarahnya sendiri,dan dari logo merekalah sejarah itu terkandung.Dalam artikel ini kami membahas sejarah merek-merk terkenal di dunia dari logo mereka.

Alfa Romeo

Salib Merah dan Lambang Ular mewakili kota Milan markas besar dari Alfa Romeo.Yang mengigatkan akan peristiwa perang salib.dan patung yang didepan mulut ular mewakili Sarazin seorang pematung yang merupakan seniman besar Prancis.

Audi

Empat cincin yang merupakan bagian Audi logo mewakili empat perusahaan yang bagian dari Konsorsium Auto-Union di 1932. Mereka Properti ,Horch, Wanderer dan Audi. Setelah perang, dengan nama Audi (Latin yang berarti “mendengar”) sempat menghilang, tetapi di tahun 1965 kembali lagi, menggunakan empat cincin sebagai logo. Nama Audi berasal dari bahasa latin sama dengan arti dalam bahasa Jermannya.

BMW

Medali BMW ini melambangkan baling-baling pesawat terbang yang sedang bergerak dan warna birunya mengambarkan awan ,ini di karenakan BMW (Bayerische Motoren Werke adalah Pabrikan mesin Pesawat di Bayer Jerman) yang membuat mesin pesawat bagi kebutuhan militer Jerman Pada perang Dunia Ke II.

Citroen

Simbol yang dipilih oleh André Citroën untuk mobil itu berasal dari seputar teknologi Automotif saat itu, Citroen memulai bisnisnya dari produsen transmisi Tractor dan lambang V ganda tersebut mengambarkan Gigi dari Gear transmisi.

Ferrari

Lambang Kuda Jingrak yang ada sekarang sejak dahulu adalah logo yang sangat terkenal dan biasanya di gunakan para pilot negara Italy di PD I dimana Francesco Baracca Pilot kenamaan Italy gugur saat perang tersebut.Kemudian Ibunya Countess Paolina meyakinkan Enzo Ferrari untuk mengunakan emblem tersebut di mobil balapnya sebagai simbol anaknya.

Ford

Harold Wills sahabat Henry Ford,mendapatkan banyak uang saat itu dari bisnis percetakan kartu nama,pada saat Henry sedang mencari lambang untuk kendaraannya pada tahun 1903,ketika itu Wills sedang menerima pesanan kartu nama dan henry tertarik pada satu design wills,logo Ford sekarang sama seperti Logo pesanan kartu nama buatan Wills.

Bentuknya yang oval muncul pada tahun 1912, dan latar belakang biru pada tahun 1927, seiring dengan peluncuran Model A.

Lamborghini

Lambang Lamborghini Sangat mudah untuk ditafsirkan,Ferruccio Lamborghini adalah penggila olahraga matador.dan bukan hanya dari logonya,bahkan mobil-mobilnya yang terrenal dan telah beredar saat ini diambil dari nama-nama banteng yang telah mendapatkan penghargaan dalam event-event dunia.

Mercedes Benz

Bentuk Bintang yang bersudut 3 ini menggambarkan bahwa Mercedes Benz berjaya baik darat, laut maupun udara.Lambang Bintang muncul untuk pertama kalinya di Daimler pada 1909. Pada 1926 lambang the crown of laurel telah ditambahkan untuk menandai kesatuan dengan Benz.Yang digunakan sekarang adalah logo bintang dalam lingkaran, diperkenalkan untuk pertama kalinya di 1937.

Peugeot

Singa berdiri ini merupakan lambang dari kota Belfort kota kelahiran model Peugeot pertama.dan Bartholdi pembuat logo kota Belfort ini adalah orang yang sama yang membuat patung Liberty yang ada di New York.

Porsche
Melambangkan kota Stuttgart yang dulunya adalah perternakan kuda (digambarkan di logo kuda ditegahnya).Lambang tanduk rusa dan garis hitam merah berasal dari bendera kerajaan Wurtemberg (yang sekarang Baden-Württemberg adalah sebuah negara bagian yang terletak di barat-daya Jerman)

Toyota

Logo Toyota terdiri dari 3 bentuk elips yang melambangkan lambang hati,hati pelanggan,produk,dan teknologi yang terus akan berkembang tanpa batas.Dalam bahasa Jepang “Toyo” mengartikan berkelimpahan dan “ta” artinya beras.Di beberapa budaya Asia Beras melambangkan kemakmuran.

Volvo

Volvo artinya “saya pergi “ dalam bahasa latinnya dan lingkaran yang ada tanda panahnya itu merupakan lambang dari besi/baja dalam pengertian di swedia.

Volkswagen

Ceritanya Sangat simple,hanya merupakan logo yang terdiri dari Huruf V dan W.
Dimana V artinya Volks artinya manusia dan Wagen artinya mobil.

sumber : Automotive news/Oleh: Christopher Muriady