Dewi Adhitya S Koesno

INILAH.COM, Jakarta – Lantai dasar kantor Direktorat Jenderal Pajak, di Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, terbakar, Minggu (11/1), sekitar pukul 13.00 WIB. Namun, belum diketahui secara pasti kerugian yang diakibatkan dari peristiwa ini.

Kebarakaran diduga bermula dari lantai dasar gedung B.”Saya lihat ada asap keluar ditambah adanya percikan-percikan api,” papar Solichin, komandan regu sekuriti Dirjen Pajak.

Saat kebakaran terjadi, terangnya, ruangan itu kosong. Sehingga, ia menduga kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik di ruang UPS (Uninterrupted Power Supply) Kantor Dirjen Pajak. Ruang itu digunakan sebagai tempat penyimpanan biodata dan semua surat-surat yang masuk.

Sementara itu, teknisi listrik Dirjen Pajak Yunus, menyatakan, saat pengecekan terakhir Sabtu (10/1) malam, ia tidak menemukan masalah apapun. Karena itu, ia masih mencari sumber kemungkinan terjadinya kebakaran. “Besar kemungkinan karena dari power battery yang ada di ruang UPS,” katanya.

Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, kini tengah berjibaku memadamkan api dan mereka telah berhasil melokalisasinya. Sebanyak 10 unit mobil telah dikerahkan, yang terdiri dari enam mobil pompa dan empat mobil rescue komando.

Berdasarkan pemantauan INILAH.COM, petugas saat ini tengah mencoba memasuki ruang UPS dengan menggunakan tangga, di tengah hujan deras. Tiga kaca di jendela lantai 1 di gedung bertingkat 15 ini harus dipecahkan untuk memudahkan petugas masuk. [nuz]