img_8332Banyak sensasi yg dirasakan dari bersepeda… Aku tau, karna aku nyepeda juga…. Dan buat org2 yg hobi nyepeda juga pasti tau, jadi buat yg suka nyepeda simpan waktu berharga anda, karna anda pasti udah tau semua yg aku bakal tulis… Ini sih khusus buat yg belum  tau enaknya nyepeda….

Kegiatan apa yg paling disukai cowok  sejati? Jalan-jalan? Kongkow-kongkow? Ngoprek2? Olahraga? Cari tegang? Kompetisi? Belanja mungkin? Percaya atau nggak, semuanya ada di hobi sepeda ini… Ga percaya?

1. Jalan-jalan

Yang suka hobi berpetualang seperti bolang si bocah petualang, traveling, pasti suka nyepeda.. karena sepeda itu olahraga outdoor. Kalau anda ngga suka jalan2, takut kulitnya item, takut mukanya kusem jangan naik sepeda… Anda naik sepeda statis aja di tempat fitnes, trus pergi ke salon buat pedicure & menicure aja, dan hal2 cewek lainnya.. wekekekekeke…. Bersepeda bukan soal energi dari titik A k titik B, tapi perjalanannya yg dicari, and every inch counts….and it’s so unforgetable

2. Kongkow-Kongkow

Tentu saja bersepeda paling asik bareng ama temen2, berbagi pengalaman, kebersamaan dan lain2… Seperti yg biasa saya lakukan NR brg temen2, sebenernya treknya itu2 aja.. Tapi hebatnya bahkan satu trek NR yg berjarak paling 5 km tapi bisa banyak bgt yg bisa diceritain dan tiap orang beda2.. Dan kalau  udah ngobrolin soal sepeda, bisa jadi time killer paling bagus… soalnya pasti lama bgt…belum lagi saat kongkow-nya di sego saduk…bisa dapet mbok enom segala…tul gak Om jay..( es sinom maksudnya)

3. Ngoprek-Ngoprekimg_7613

Termasuk didalamnya ngedandanin, modifikasi, dll.. Pasti donk suka… Entah ngoprek2 mobil/ motor atau sekedar bongkar HP trus dipasang lagi.. Tapi cowok memang pasti punya interest utk selalu ingin tau dan ngoprek2.. Beberapa cowok bahkan hobi juga “ngoprek2″ cewenya.. wekekekekek…. Nggak boleh gitu ya cowok2… Ada pepatah bijak mengatakan…”Hormatilah wanitamu, maka kau akan mendapat kehormatannya…” wakakakaka… ngaco…. Tapi kembali ke soal oprek mengoprek, ini juga jelas ada di sepeda.. Tiap hari sebelum berangkat kantor atau kadang sebelum tidur kerjaan aku adalah mandangin tuh sepeda, trus ada saja yang  dibongkar trus dipasang lagi.. nyetel2 bagian yg longgar, sekedar ngeset ulang cyclometer, ngeset drivetrain supaya lebih presisi.. dan yang parah pas kemarin  disc brake-ku berisik bgt, gak puas-puas ngopreknya kadang2 ini bisa berlangsung semaleman….

4. Olahraga

Tentu saja!! futsal, basket, renang atau apapun… Jelas sepeda adalah olahraga… sepeda bikin daya tahan tubuh meningkat, bentuk badan ideal, nafas lebi panjang, ya pokoknya ga usah dibahas lebih panjang lagi ya…contohnya bisa lihat body om Dimas, Om Aris madya atau Om Budhi…ha..ha..narsis Mode on

5. Cari tantangan

Ya.. itu dorongan yg sangat wajar kalau cowok suka cari tantangan atau ketegangan… ada yg suka olahraga extrim, ada yg suka cari tantangan dengan punya pacar lebih dari satu, ada yg suka judi bola, tapi yg jelas rasa tegang dan menjawab tantangan tuh cowok bgt… Sepeda juga.. yg suka XC ( Cross Country) bisa menantang dirinya utk bersepeda lebih jauh, menanjak lebih tinggi. Yg suka downhill bisa memacu diri utk menuruni bukit terjal secepat mungkin ( Macam jemplang-tumpang kemarin ) balapan sama temen dan ujung2nya menjawab tantangan adalah tentang….keberanian

6. Kompetisi

nr-lagiDisini ga ada mengalah untuk menang… atau menang jadi arang kalah jadi abu.. walaupun ga pernah terang2an pasti tiap cowo pengen lebih baik dari orang lain… Kompetisi dan sepeda juga ga bisa dipisahin.. Setiap taun selalu ada balap sepeda road/XC/DH/DJ pokonya ada aja… Bahkan balap yg nggak resmi juga selalu ada setiap hari… Ya it’s feel so good to be a winner… Ya dan yg kalah juga selalu aja mengeluarkan alasan2 knapa dia kalah.. Tapi “Win is win, andase is andase, reason just aliby”…

7. Belanja

Ya ga bisa dipungkiri… cowok juga suka belanja kan? karna cowok juga manusia…. dan kalau suntuk kadang2 sekedar window shoping di Mustajab, rodalink atau ace hardware atau cuma sekedar beli satu set kunci L juga bisa bikin mood lebih bagus… Ya itu juga ada di sepeda.. selalu upgrade, seneng bgt nongkrong di toko sepeda, yg susah tuh gimana supaya belanja gak diomelin mentri keuangan di rumah ( macam Om jaz ya..peace Nte Erra) .. iya kan? wekekekeke… BTW buat yg doyan cuci mata atau belanja sepeda bisa ajak-ajak aku…he..he..

Ehmm…ehmm…sementara itu dulu alasan logis kenapa aku suka dan hoby bersepeda, so apapun sepedanya, asal gowes, nikmati perjalanan, rasakan tiap kayuhan, tertawa sesama teman perjalanan…yah  semoga semakin banyak orang suka bersepeda dan  suatu saat “BICYCLE IS NOT A HOBBY… BUT IT’S A WAY OF LIFE!!!!!”

Surabaya 10122008

Warmest Regards

Budhi Suryanto (Black Nuckie)

Ketua Fiscus Cycling Club (FCC) Surabaya