Sebelumnya sudah dijelaskan cara pasang foto di setiap komentar. Bagi yang masih bingung dengan cara yang sebelumnya, bisa menggunakan cara yang ke-2 ini. Mudah-mudahan bisa dimengerti dan setiap orang bisa memasang avatar di setiap komentarnya. Seperti kata pepatah “Komentar Tanpa Avatar, Bagaikan Sayur Tanpa Garam” .

Ayo buruan pasang avatar….. Jika tidak, bagi yang tidak ada avatarnya, moderator akan menggantinya dengan gambar monyet….he…he…..he……..

Berikut Langkah-langkahnya:

Langkah 1
Sekarang buka www.gravatar.com

Langkah 2
Klik tulisan Sign up Now!
Isikan alamat email Anda, kemudian klik tombol Signup.

Langkah 3
Buka inbox email Anda, kemudian carilah email yang datang dari Gravatar. Setelah Anda buka email tersebut, klik tautan yang ada di email tersebut untuk mem-verifikasi pendaftaran Anda. Secara otomatis, Anda akan masuk ke account Anda di gravatar dan harus mengisikan beberapa data.
Data yang harus diisikan tersebut, adalah Nickname , Password (diisikan sebanyak dua kali). Kemudian klik Signup.

Langkah 4
Untuk memilih gambar avatar, caranya dengan klik pada tulisan Add one by clicking here!. Kemudian pilih sumber gambar. Untuk membuka gambar yang sudah tersimpan di komputer, maka pilihlah My computer’s hard drive.
Setelah itu, klik Browse, cari file yang akan Anda gunakan sebagai avatar. Kemudian klik Next.

Langkah 5
Ubahlah ukuran kotak yang berwarna terang sesuai dengan ukuran foto yang anda inginkan. Apabila foto ini sebelumnya belum di-crop, langkah ini adalah untuk menyesuaikan panjang dan lebarnya.

Setelah ukuran sesuai, klik tombol Crop and Finish!

Langkah 6
Pilihlah tingkat penilaian sosial tentang avatar Anda ini.

Terdapat empat pilihan, berikut ini penafsiran saya sendiri:

  1. G = Bisa dilihat oleh semua umur, dari anak kecil sampai mbah-mbah. Saya sarankan untuk menggunakan foto/gambar yang sopan, dan memilih tingkat penilaian ini.
  2. PG = Ada sedikit unsur kekerasan, dan atau pakaian yang menantang. Gampangnya, saat Anda melihat gambar ini kening Anda agak berkerut, dan mikir sedikit “apakah adik kecil Anda pantas melihatnya”.
  3. R = Terdapat gambar yang bisa membuat Anda malu dan atau takut-takut saat menonton ini dihadapan orang tua, mertua, atau pimpinan Anda.
  4. X = Jika gambar Anda pampang di papan pengumuman kampung, bisa membuat para tetangga Anda melaporkan Anda ke Pak RT.

Langkah pembuatan avatar di gravatar sudah jadi. Setelah ini, jika Anda ingin avatar Anda muncul pada blog-blog yang mendukung gravatar, Anda tinggal menggunakan email yang Anda daftarkan tadi saat memberikan komentar.

Sumber: mbahdewo.com (dengan sedikit penyesuaian)

Advertisements