Demi kenyamanan penghuni Pajak98 dalam bersilaturahmi dan berdiskusi, ada baiknya kita memperhatikan etika bermilis berikut:

1. Sopan santun
Jagalah sopan santun dalam berdiskusi. Pribadi anda, secara tidak langsung, tercermin dari cara anda berkomunikasi. Membaca ulang e-mail anda dan merenungi dampak e-mail anda terhadap perasaan anda dan orang lain sebelum mengklik tombol “send” akan membuat hidup anda lebih nyaman dan harmonis dengan manusia lain dan lingkungan.

2. Identitas
Alumni Pajak98 yang ratusan jumlahnya tentu tidak mudah dikenali begitu saja. Tulislah identitas anda dengan jelas di bagian bawah e-mail yang anda kirim ke milis berupa Nama dan Kelas (Tingkat III D3 Pajak98) serta instansi.

3. Menulis dan membalas E-mail
(a) Sedapat mungkin hindari menulis imel one liner/komentar singkat misalnya dengan menjawab hanya: “betul”
(b) Berbahasa tulisan lebih sulit daripada berbahasa lisan karena pembaca tidak mengetahui perasaan, mimik dan gestur anda ketika menulis e-mail. Penggunaan ikon “smile”, “hehehe” atau ungkapan lain yang menunjukkan perasaan anda saat itu akan membantu pemahaman yang lebih baik atas tulisan anda.
(c) Hindari pemakaian huruf besar untuk semua e-mail anda, kecuali anda dalam keadaan marah dan sedang kumat.
(d) Hindari pemakaian font yang tidak standar dan warna yang tidak nyaman dilihat, kecuali untuk memberi kesan tertentu pada kata/huruf tertentu
(e) Potonglah bagian e-mail rekan sebelumnya yang tidak relevan dengan tanggapan anda sebelum memberikan reply
(f) Dalam mem-forward berita atau artikel, berikan separator diantara tulisan anda dengan berita yang di-forward. Tidak perlu mengkopi keseluruhan berita jika link berita tersebut tersedia.
(g) E-mail yang bersifat pribadi sebaiknya melalui Japri (jalur pribadi) langsung ke yang bersangkutan.

4. Attachment
(a) Attachment agar di-scan sebelum dilampirkan dalam e-mail anda. Namun akan lebih baik bila anda ingin men-share file untuk semua anggota milis, taruhlah file tsb. di feature FILES milis, yaitu di: http://groups.yahoo.com/group/Pajak98/files/
(b) Bila tidak bisa, silahkan hubungi moderator.
(c) Untuk attachment dalam ukuran besar (lebih dari 500 Kb) sebaiknya minta izin moderator atau anggota milis lain.

5. Larangan
Demi menjaga kenyamanan dan keamanan penggunaan milis Pajak98, maka anggota milis dilarang untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan pihak manapun, termasuk tetapi tidak terbatas pada:
(a) men-share data member milis ke pihak lain serta mem-forward imel diskusi di milis Pajak98 yang sifatnya rahasia milis ke milis lain
(b) flame (debat kusir).
Hindari topik yang berbau SARA karena hanya menghasilkan debat kusir dan saling memaki (flame). Topik seperti ini akan memudar jika anda tidak peduli.
(c) spamming, atau pengiriman e-mail secara kontinyu tanpa tanggung jawab, atau mengirimkan tulisan yang sama ke beberapa milis dan newsgroups, sedangkan isi tulisan tidak relevan dengan keberadaan milis tersebut. Spamming, terutama iklan, akan menjatuhkan kredibilitas Perusahaan dan produk anda.
(d) flooding, atau mengirimkan e-mail yang sama berulang ulang, sehingga mengakibatkan over quota dan server menjadi hang.
(e) spoofing, atau menyalahgunakan alamat e-mail oleh orang lain.
(f) hoax, atau mengirimkan e-mail dusta yang berisi kebohongan, menakut-nakuti, menjanjikan hal yang mustahil,
(g) pemalsuan e-mail header atau metode lain yang digunakan dengan tujuan untuk memalsukan identitas orang lain,
(h) mem-forward e-mail/artikel yang yang tidak jelas sumber dan kebenarannya. Dan ada kemungkinan menyakiti/menyinggung salah seorang/sebagian/keseluruhan anggota milis.
(i) pelanggaran hak atas kekayaan intelektual,
(j) kampanye partai politik
(k) tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma kesopanan, berbau pornografi, perjudian, ancaman, fitnah, SARA, melanggar kode etik hukum dan Internet, mengganggu kenyamanan user lain pada server, tindakan melanggar peraturan, atau hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia maupun negara-negara berdaulat lainnya dengan menggunakan layanan Internet,
(l) tindakan kejahatan lainnya.

6. Tindakan
Moderator milis berhak untuk mengingatkan, memoderasi atau mengeluarkan anggota milis yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan dan larangan-larangan penggunaan layanan milis yang telah diatur dalam ketentuan ini.

Selamat bermilis.
Moderator milis Pajak98

Besar harapan kami, rekan rekan dapat membaca dengan seksama dan memahami Etika Berdiskusi di Milis Pajak98 ini agar silaturahmi kita terjaga dengan baik.

wassalam

Arpan Apandy