…. Let’s Bike To Work ….

Save Gasoline, No Polution, Less Traffic, Save Money, Healthy & Fun

Night rider

Menggunakan sepeda ke tempat kerja? Mengapa tidak?

Tau gak siy… kalo bersepeda itu adalah cara yang keren untuk menjaga bodi kalian tetap bugar. Selain itu kamu juga bisa menghemat uang sekaligus menjaga lingkungan.

Kalo kamu selama ini menggunakan sepeda untuk rekreasi, pastinya kamu sudah merasakan dwonk manfaatnya untuk kesehatan kamu.

Tapi tunggu dulu!!
Apabila kamu belum pernah mencoba bersepeda untuk hal-hal lain yg lebih praktis, sebetulnya kamu telah kehilangan sesuatu yang bisa jadi lebih menguntungkan logh!

Kepikiran gak siy… kalo bersepeda ke tempat kerja bisa mengurangi stress dibandingkan duduk terkurung selama kepadatan lalu lintas, bisa menghemat uang untuk membeli bahan bakar, dan membuat kamu lebih bersemangat dan siap dalam menghadapi hari ini.

Nah… Apa yang harus kamu lakukan untuk membuat suatu perubahan? Cobain ini: 

  • Bersepeda ke tempat kerja atau ke kampus paling tidak 1 kali seminggu.
  • Kalo kebetulan kamu berkerja/berkantor di rumah, keluarlah berkeliling dengan bersepeda sekitar 30 menit dan kembali ke rumah/kantor, atau bersepeda apabila ingin membeli beberapa keperluan ke warung.
  • Paculah semangat untuk bekerja dengan bersepeda pada setiap bike-to-work day (tentukan sendiri atau bersama grup waktunya, misal: setiap Selasa atau Jum’at)
  • Cari teman pekerja bersepeda (ikuti milis b2w-indonesia@yahoogroups.com untuk mencari teman satu rute). Apabila punya club nyepeda ajak aja temen satu klub untuk nyepeda ke tempat kerja bareng.
  • Satu saat coba ajak teman kerja kamu yg belum pernah bersepeda untuk mencoba bersepeda ke tempat kerja bersama, tapi cari jalur alternatif yg relatif lebih aman, dan lebih kalem nyepedanya.
  • Coba cari tau apakah ada komunitas pekerja bersepeda di kota kamu, kalo belum ada kenapa gak coba pikirkan untuk mulai membuatnya dari diri sendiri dan lingkungan teman satu club kamu.


Beberapa Tips:

  • Berangkatlah kekantor seperti biasa pada hari Senin (berkendaraan bermotor) denganmembawa beberapa pakaian ganti plus kebutuhan lainnya untuk 2 ~ 4 hari, jadi selanjutnya kamu tinggal gowes ke kantor dengan santai.
  • (Ini saya rubah karena belon ada fasilitas publik transportasi yg punya fasilitas ini)Apa bila tempat tinggal agak jauh, kamu bisa menitipkan kendaraan kamu di rumah teman atau keluarga yg kira-kira tidak terlalu jauh dari kantor.
  • Gunakan helm dan patuhi peraturan lalin, ingat tetaplah sopan di jalan raya, membuat pengemudi kendaraan lain kesal sangatlah membahayakan

Coba cari tau tempat-tempat memarkir sepeda yg aman di kantor anda, karena tidak semua kantor mengizinkan memarkir sepeda di dalam gedung.